Melbourne State Library

Bisa melihat sebuah pustaka yang megah pasti bukan impian semua orang, saya juga tidak pernah mempunya cita cita untuk mengunjungi pustaka pustaka yang megah di Dunia. Tapi begitu melihat Melbourne State Library saya langsung jatuh hati. Sangat megah dan menyimpan berbagai macam buku dan manuskrip-manuskrip kuno.

Di Melbourne State Library saya menemukan Injil dari yang di tulis pada tahun 1613, sebuah injil yang sangat kuno dengan bahasa yang sepertinya bukan Inggris. Saya yakin pengunjung pustaka tidak ada yang bisa membaca tulisan tersebut.

Di ruangan itu juga terdapat Qur'an yang di tulis pada abad Ke 7, dari bentuknya saja sudah terlihat kalau Qur'an tersebut sudah sangat tua. Sehingga ketika kita mau mengambil gambar blitz kameranya dilarang. Katanya bisa merusak kertasnya.

Yang menariknya, Torah (Taurad) juga ada, kitab yang diturunkan kepada nabi musa, kitabnya orang yahudi. Kertasnya sudah sangat usang, cuma saya tidak sempat mencatat ditulis tahun berapa, karena waktu yang sangat terbatas, tapi saya yakin Torah itu juga di cetak di sekitar abad pertengahan.

Yang menarik dari Melbourne State Library lainnya adalah system Locker nya yang (menurut saya) canggih dan system internet dan komputerisasinya nya yang sangat luar biasa. Jadi kalau mau jalan jalan ke Melbourne tidak ada salahnya untuk mengunjungi Melbourne State Library. By Salman Alfarish

0 comments:

Copyright © 2013 Salman Alfarish