Smoking is Permitted VS No Smoking

Di Indonesia banyak kita jumpai tempat tempat yang ada tanda No Smoking, seperti Pom Bensin, (malah ada anekdot yang mengatakan Pom Bensin dalam bahasa inggris itu "no smoking") Rumah Sakit dan tempat tempat umum lainnya. Tapi selama di Melbourne, saya hampir tidak pernah sekalipun menemukan tempat yang ada tulisan "no smoking", apakah semua tempat disini bebas merokok? Ternyata bukan, disini di semua tempat dilarang merokok, kecuali tempat yang ada tulisan "smoking is permitted". Jadi mentang mentang tidak ada tulisan no smoking kita bisa merokok sembarangan, bisa bisa kena denda.

Bagi yang mau kuliah di Melbourne, sebaiknya berhenti dulu merokok. Merokok di sini mahal, seseorang disini bisa menghabiskan uang AUD $. 4.000 (kurang lebih 40 juta) setahun untuk merokok. Kalau di Indonesia harga rokok 10 ribu satu bungkus, disini mungkin sebatang pun nggak dapat.

Yang sangat menarik perhatian saya, bungkus rokok disini sangat mengerikan, walaupun rokoknya rokok import, tapi akan tetap di tempel dengan label yang mengerikan. Seperti pada gambar. Karena pemerintah disini sedang sangat menggalakkan anti rokok, jadi jangan heran di Trams banyak sekali poster anti rokok. Beruntung saya bukan perokok. By Salman Alfarish

0 comments:

Copyright © 2013 Salman Alfarish