Jaywalker

Di Indonesia kalau orang suka nyuri di bilang pencuri, kalau orang suka merampok di bilang perampok, di Australia (dan di amerika) kalau orang suka memotong (menyeberang) jalan sembarangan dinamakan Jaywalker. Kalau menurut wikipedia ini dia pengertiannya Jaywalker is an informal term commonly used to refer to an illegal or reckless pedestrian crossing of a roadway.

Jadi di Australia hati hati menyeberang jalan, karena kita tidak boleh menyeberang jalan sembarangan. Jadi bagaimana kalau mau menyeberang? Kita harus menekan sebuah tombol yang ada di Traffict Lamp (lampu merah) dan menunggu sebentar sampai ada tanda boleh menyeberang. Lalu bagaimana kalau tidak ada mobil yang lewat? Orang orang disini tidak ada yang menyeberang, mereka akan menunggu sampai lampunya menunjukkan kalau mereka boleh lewat. Bagaimana kalau menyeberang tanpa menunggu tanda boleh lewat? Sebenarnya sah sah saja kalau tidak ada polisi yang melihat, kalau ada yang melihat akan dikenakan fine (denda), untuk berapanya saya sendiri tidak tahu.

Cuma kita akan sangat malu kalau sampai mati ketabrak karena memotong jalan sembarangan, seperti kejadian di Box Hill, baca disini berita tentang orang meninggal karena menyeberang sembarangan. Karena sistem disini sudah sangat bagus, jadi untuk apa kita menyeberang tanpa mematuhi sistem.

0 comments:

Copyright © 2013 Salman Alfarish