Siomay Bandung

Siomay Bandung | Salman Alfarish
Pertama sekali saya mencoba makan siomay pada tahun 2006, saya langsung jatuh cinta sama makanan yang berasal dari bandung ini, rasanya yang gurih dan manis membuat lidah semakin bergoyang untuk sekedar menikmati sepiring atau dua piring.

Dulu, yang ada di Aceh cuma siomay bandung, belum ada siomay yang dijual dipinggir jalan yang dibawa menggunakan gerobak atau sepeda motor. Sekarang banyak sekali siomay yang seperti itu berkeliaran diseluruh pelosok aceh. Saya tidak tau apakah siomay yang bumbunya saos pedas yang dimakan menggunakan lidi dan dimasukkan kedalam plastik itu bernama siomay bandung juga, yang saya tau cuma itu sejenis dengan siomay bandung. Tapi walaupun bukan siomay bandung, kadang kadang saya suka juga makan siomay tusuk ini. Walaupun saya tau, makan siomay pinggir jalan seperti ini tidak bagus buat kesehatan, tapi apa daya, sudah seperti ini adanya.

Yang ada di foto ini adalah siomay Asahi yang saya makan di seputaran Darussalam Banda Aceh. Saya sedikit heran, jika namanya siomay Bandung tapi kenapa yang jualan orang padang, mungkin ini namanya siomay padang bukan siomay bandung hahahaha. Mungkin anda menyangka makanan yang di foto ini sangat enak dan lezat, anda terlalu cepat mengambil kesimpulan, tapi anda benar, sangat enak dan membuat ketagihan.

Tapi apapun itu, saya sangat menyukai makanan yang berbumbu kacang, apakah itu pecal, gado gado ataupun ketoprak. Kadang kadang saya suka makan Mie bumbu kacang.

Copyright © 2013 Salman Alfarish